Siwang (Terasi Bawang)

 

Pendahuluan

Siwang atau terasi bawang merupakan makanan khas daerah Indramayu dan Cirebon. Siwang merupakan campuran antara terasi dan bawang merah yang disangrai sehingga memiliki aroma terasi yang kuat. Terasi yang sudah menjadi bumbu penyedap masyarakat kala itu, diolah menjadi hidangan seperti sambal, pembuatan sayur, nasi goreng, hingga lauk yang terjangkau yaitu terasi bawang. Bahan baku yang terjangkau, seperti terasi, bawang merah dan cabai rawit, membuat siwang menjadi salah sumber lauk-pauk. Hingga kini, siwang tetap digemari masyarakat bahkan menjadi lauk pauk segala kalangan. Penjualan siwang telah ada di beberapa toko online, siapapun dapat mencoba tanpa harus datang ke daerahnya. Siwang dibuat sebagai pengganti lauk oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Selain terasi dan bawang merah, siwang juga dibuat menggunakan cabe rawit pedas. Hal ini akan membuat cita rasa siwang semakin enak ketika dimakan dengan nasi hangat-hangat. Siwang juga memiliki varian yaitu siwang original dan siwang pedas.

 

Maksud dan Tujuan 

Maksud dan Tujuan pembuatan blog ini yaitu untuk memenuhi tugas PTI  (Pengantar Teknologi Informasi) dengan dibantu oleh Dosen pembimbing kami yaitu Bapak Yono Maulana,S.KOM.MM.,MPM dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

 

Nama Kelompok

Kelompok 7

Ketua     : Merdy Sudjatmito (120020082)

Anggota : Rafly Abdi Pamungkas (120020077)

                 Dewi Fortuna (120020093)

                 Rifky A. (120020079)

                 Dini A. (120020108)

 

Profile Usaha/UMKM

Sebagai contoh pedagang siwang yang ada didaerah Cirebon yakni “Siwang Sova”. Siwang Sova juga merupakan makanan khas Cirebon dan Indramayu yang berbahan baku terasi dan bawang goreng. Siwang Sova bisa anda jumpai di Desa Muara, Celancang, Kabupaten Cirebon.

Selain bisa langsung dijumpai di Desa Muara, anda juga bisa membelinya melalui :

-          Whatsapp ( 082320047975 )

-          Instagram ( umkmsiwang )

-          Facebook ( umkmsiwang )

-          Shopee ( maemunahajjah )

 

Siwang Sova juga memiliki 4 varian rasa yaitu original, sedang, pedas, dan extra pedas.



 

 

Komentar